Masalah Lampu Lorong dan Jalan Rusak Dominasi Aduan di ‘Lapor Pak Wali’
Analysis.co.id, Parepare – Wali Kota Parepare Tasming Hamid telah meluncurkan layanan pengaduan publik yang dinamakan ‘Lapor Pak Wali’, pada Senin (19/5/2025) lalu.
Tiga besar aduan yang mendominasi yang diadukan oleh masyarakat adalah masalah lampu lorong, jalan rusak dan BPJS.
“Aduan paling banyak itu di dinas perhubungan terkait persoalan lampu lorong. Itu ada kurang lebih 30 aduan dari masyarakat,” ungkap Kepala Dinas Kominfo Parepare, M Anwar Amir, saat dihubungi Analysis.co.id, Selasa (27/5/2025).
“Kemudian Dinas PU persoalan jalan rusak dan persoalan BPJS. Itu tiga persoalan yang paling banyak yang diadukan oleh masyarakat,” tambahnya.
Anwar menegaskan tidak ada batasan aduan yang diberlakukan dalam layanan ‘Lapor Pak Wali’.
Isi laporan masyarakat berbagai macam dan bahkan ada yang di luar kewenangan Pemkot Parepare.
“Jadi kadang sifatnya pribadi. Jadi ada masalah usaha bisnis, minta permodalan, ada minta untuk difasilitasi ke perbankan,” kata Anwar.
Meski demikian, Anwar menyebut akan tetap mengakomodir untuk menghubungi instansi tersebut.
“Tapi kami tetap arahkan yang bersangkutan untuk menghubungi instansi di luar dari pemerintahan yah. Tetap kita ada jawab atau respon,” ucapnnya.
Kadis Kominfo Parepare menjelaskan layanan pengaduan online itu merupakan satu-satunya dijadikan untuk menerima keluhan dari masyarakat.
Akan tetapi, pihaknya mengungkapkan masih ada masyarakat yang melapor langsung ke SKPD atau ke Wali Kota langsung.
“Di Lapor Pak Wali ini satu-satunya tempat (aduan masyarakat). Pak Wali memang menyampaikan bahwa ini nomor aduan pelayanan pemerintah satu-satunya,” ujarnya.
“Nomor ini bisa dijadikan masyarakat untuk melaporkan keluhannya untuk memperoleh informasi. Tapi terkadang juga ada langsung ke SKPD atau langsung ke Pak Wali,” lanjut dia menambahkan.
“Tetapi untuk resminya nomor aduan layanan ini satu-satunya kita siapkan untuk masyrakat,” imbuhnya.
Tinggalkan Balasan